Thursday, May 24, 2007

Bontang dan ibu manager HIJK

Lha kalau yang ini ada cerita seru tapi sebenernya saya gak bangga untuk cerita yang satu itu, tapi demi membela kaum lemah terpaksa jurus akhir dikeluarkan, dan juga gak semua ibu manager itu aneh2 kelakuannya, ada juga yang baik hati dan berkesan dihati saya.
Ibu Subroto, saya masih suka telepon blio, walau blio pindah ke Jakarta, hanya saat ini aku blum telepon blio lagi sejak kami di AD.
Pengen rasanya tetep menyambung silaturahmi ama blio.
Saya malah dapet resep bikin sate dengan tometo ketchup, enak banget, asyik deh....
Masih dipake resepnya sampai sekarang sama saya .....

1. ibu manager kena damprat.
Masih lanjutannya cerita ibu yang suka ngutang, si ibu G.
Ceritanya dia tuh butuh pembantu nyetrika, pembantu yang ada gak sempet lagi atau apalah gak jelas, nah kebetulan si Naha ini asistenku lagi kebanyakan tenaga iseng2 ajah ngelamar ke sana, dan kerjalah dia disana.

Tiba2 Naha neh hamil, ngidamnya minta ampun, muntah2 dan teler banget, jadilah dia gak bisa ngapa2 dan dirumah saja, tapi gaji dia yang hampir sebulan dirumah ibu G ini ya jelas gak bisa diambil lha wong bangun aja dari tempat tidur gak bisa.

Ketika akhir bulan waktunya gajian, saya mau nganter gaji dia, yang emang hak dia waktu sebelum dia teler, lalu aku telepon lah si ibu G ini, tanya mau nitip gak gaji buat Naha, saya besok mau kekampung.

Apa coba jawabnya : walah saya gak tau berapa hari dia kerja, lagian gak etislah nitip2 gaji pembantu. Naha aja suruh ambil.
Saya jawab : lha boro2 ngambil gaji bangun aja gak bisa kok dari tempat tidur.
Tapi di ibu G ini dengan juteknya tetep jawab biar Naha aja yang ambil. Case Closed.

Sejalan dengan waktu, Naha dah melahirkan dan kerja lagi dan ditahun kedua eh Naha hamil lagi.... teringetlah saya kasus gaji dia, saya tanya Naha, kamu udah dibayar gajinya ama tuh bu G ?
apa coba jawabnya ? belum.....

Langsung saya bilang ama anak buahnya : "Ita bilang ya sama ibu manager kamu tuh kalau g
ajinya Naha dah 2 tahun gak dibayar. Ntar keburu pensiun aja , lupa kalau punya utang ama pembantu." (secara dia dah 2 bulan lagi pensiun)

Besoknya si ibu G telepon saya,
Kira2 gini pembicaraannya :
G :Ini soal gaji Naha, dia g
ak mau datang seh, jadi gimana saya bayar.
E :Lha Naha dah datang beberapa kali tapi ibu kan gak pernah dirumah, jadi piye ?
coba dulu titip ama saya kan beres
G : iya akan saya bayar kok gaji Naha tapi abis ini gak ada lagi ya urusan ama situ.(dengan nada super jutek)

walah disini kesabaran saya habis....
yang punya hutang kok malah yang marah, mana bisa gitu.

E : Wah jangan gitu ya, dulu situ bilang kalau nitip gak etis tapi apa sekarang lebih etis punya hutang sama pembantu mana 2 tahun lagi.
Saya tadinya gak mau nagihkan buat Naha tapi ini demi orang kecil.
Ibu neh belajar agama gak seh, kan kata agama juga jangan sampai keringet orang kering kita dah harus bayar.
Kok gak malu seh ibu manager punya hutang ama pembantu, alasannya macam2, kalau mau bayar ya cara apapun ya harusnya bisa lah, masa gak punya hati seh.
Ibu tau kalau perbuatan itu dosa besar ? Ngutang dengan orang gag mampu ?
dsb2...
(pokoke saya sangat ngamuk berat saat itu, sampai2 Naha dan Sulia , dua asisten saya gemetaran dengernya, karena gak pernah lihat saya sengamuk itu).

Ketika telepon ditutup, yang ada badan saya lemes semua dan lapar, hampir puluhan tahun saya gak pernah ngamuk berat, baru kali ini lagi.
Kurang ajar bener udah salah masih mau marah ama saya, bukannya malu.

Akhir cerita besok pagi supir bu G itu datang kerumah nganter uang gajinya Naha yang tertunda selama 2 tahun asli.
Lha kan bisa juga dibayar dengan kirim supirnya kerumah,kalau niat bayar. mbok ya dari dulu tho buuuu....

Difikirnya orang kecil gak datang nagih ya gak usah dibayar, tapi gak mikir kalau hutang itu adalah hutang apalagi ke orang kecil, dosanya pasti berlipat ganda karena uang segitu buat dia mah mungkin sedikit tapi buat Naha bisa untuk makan beberapa lama kan ?.

Kalau saya gak turun tangan bisa aja kejadian sampai dia pensiunpun gak bakal dibayar kayak kasusnya hutang telor dia itu.
Bayangkan sampai 3 tahun kemudian saya main ke Bontang hutang ke tukang telor itu belum juga dibayar, belaga bego ajah.
Kayaknya kenang2an indah neh buat si ibu G ini....sebelum dia pensiun kena damprat daku.

2. ibu manager baik hati ( Winnie Sutopo)
Kalau yang ini seh cerita asyik, bu manager yang baik hati, kebetulan bu Winnie ini lagi sekolah ambil S2nya diJakarta, jadi suaminya rantangan dengan saya sampai saya pindah...
Kalau mau lebaran, selalu juga pesan makanan ama saya, dan selalu berucap, kamu jangan pindah dulu ya sebelum kami pindah atau Pak Bambang jangan pensiun dulu ya....
Ketika denger kami akan keluar dari PT Badak, maka bu Winnie ini bilang, lha kan janjinya gak pindah dulu.....

Hubungan kami baik, selain ada urusan rantang merantang tapi pada dasarnya blio ini emang baik orangnya, anak2nya juga pinter2.
Jadi kita bukan hanya hubungan sekedar "bisnis makanan" tapi juga sebagai seorang teman kami sekeluarga.

Yang unik, ketika itu, kalau orang mau tau Pak Sutopo ini ada dimana tanyalah sama saya, karena saya bakal yang tau blio ini ada dimana. Maklum kalau mau keluar Bontang kan blio pamitnya sama saya, maksudnya biar gak usah dikirim rantang sampai kapan blio datang....
Hampir 13 tahun kayaknya keluarga mereka rantangan ama saya, ada beberapa waktu off on lagi dan off lagi tapi akhirnya yang rutine selama 7 tahunan.
Kebayang kan kayak apa apalnya rasa masakanku ini....
Tapi hubungan kekeluargaan kami masih terus berlanjut hingga kini.
Kalau kirim email ama suami selalu titip salam buat diriku....,
kebayang pasti dia mah gak bakal lupa ama taste masakanku....

Foto ini diambil ketika cuti tahun lalu kebetulan kami bertemu mereka dipasar simpang Dago. Lagi jenguk anak2nya yang sekolah di ITB.

3. ibu manager sirikitik
Kalau yang ini cerita seru lagi....
Beneran deh ibu H ini gak punya etika dalam berbicara....
Dari dulu emang saya paling males kalau urusan ama nih orang, malah teman saya yang di amrik waktu ketemu dia bilangnya gayanya mirip Queen of Bontang.
Jadi bukan saya aja yang gerah lihat kelakuan nih ibu, bule aja bisa sebel lihatnya.

Waktu tinggal di Bontang, berat badan saya naik dengan suburnya hingga 86 kg....bayangkan deh, lalu ketika pindahan, mungkin juga capek, stress dan puyeng ngurus semua sendiri sementara si mas kan dah di AD.

Jadi tiba2 bisa kempes, dan selama awal2 tinggal di AD kempes banget sampai bisa 65 kg ajah....
Ketika kembali ke Bontang buat final beberes rumah dines yang kami tempati, kita tiba2 bertemu di tojasera.

Ketika ketemu apa coba kata2nya : "wah jadi kurus neh, pasti gak betah ya diluar negeri, kalau betah kan gak jadi kurus...."
Bener2 katro deh nih orang.

Inilah salah satu tipe katak dalam tempurung, yang merasa gede dalam tempurung, tapi bahasa Inggris aja kagak bisa ngomong biar sekalimatpun ( ini kelasnya ibu manager lho....) apalagi ber komputer, kali mencet tombol on off nya aja gak tau dimana padahal neh ibu, seorang sarjana.....

Mudah2an seh pada saat ini , nih ibu udah belajar bahasa inggris biar gak malu2in dan belajar bagaimana ngirim email ya ...biar gak kayak orang jaman batu ajah.
(Taunya dia gak bisa ngomong bahasa Inggris ketika temanku datang ke Bontang dan pergi dengan nih ibu, saya kebetulan ada disitu...hihihi..... bisu sesaat).


4. ibu manager cuek bebek
Ibu J ini mah paling parah, paling ngerasa jagoan sendiri, tau deh apa yang bikin dia ngerasa gitu, tapi teman2 lain juga pada cerita kalau duh dong deh ni orang.
Baru tumben deh ada ibu manager model kayak gini seumur hidupku.
Dia neh bininya managernya mas Bambang di PT Badak pada saat masku resign.
Ketika kami finalisasi di Bontang buat pindah, ketemulah aku lagi2 di tojasera.
Biasalah basa basi, lalu terakhir aku bilang : "pamit ya bu, kalau kamis kami berangkat ke Jakarta."
Kalimat aku belum habis udah dijawab : "oh iya selamat jalan ya."
Titik punt uit....

Padahal lazimnya kalau ada anak buah yang akan berangkat untuk pindah, pasti ibu managernya nganter ke bandara yang jaraknya paling 10 menit dari rumahnya.
Padahal ketika kesempatan lain saya juga bertemu dengan ibu manager lain yang saya pamitin, mereka begitu tau saya akan berangkat langsung berucap, "duh dik selamat jalan ya, maaf kalau ntar engga sempet ngantar, tapi all the best...."

Nah kan ini enak kalau begini, mbok ya tuh Ibu J....ada kek basa basi dikit, lha wong selama jadi anak buahnya juga aku gak pernah bikin masalah, yang ada suamimu itu banyak bikin masalah ama kami.
(kalau mau dibahas panjang bener.....)

Siang itu ketika kami berangkat, yang nganter malah manager lain, ibu2 teman2 kami, ibu2 manager lain, si Pak J ini/managernya masku, gak nongol blas...tau deh kemana.
Belakangan kami denger ada bisik2 sesama manager lain, si boss neh baru nyempetin sms masku, beralasan pada saat itu ketahan ama atasannya pak FAT (tau deh walahualam).

Tapi si bini ini tanpa alasan, sama ajah kagak muncul...(kalau yang ini , kayaknya ketahan ama egonya).
Jadilah bisik2 di kalangan mereka yang nganterdan dengan mudahnya menyebar keseluruh lapisan kalau si ibu anu tuh begana begene.....

Happy endingnya, suatu ketika ternyata si boss ini ada dines ke AD, eh malam2 dibelain nelepon suamiku (dari kartu nama mas kayaknya tau nomer telepon kita), katanya mau ke AD ada dines, tapi visanyanya kudu ada sponsornya, si boss ini berencana ama bininya ke AD.

Mas dengan santai bilang, ooo booking aja hotel ntar kan dapet sponsor buat visanya, cari aja di internet kan banyak hotel di AD.....
Yang unik masih tanya juga kalau pak Bambang rumahnya dimana, jauh gak ama seminar Gasteknya?
halah deket juga, ora sudi asli lah kalian nginep dirumahku, emangnye.....:-/

Kalau dia baik seh dulunya, demen aja kita urusin bookingan hotelnya atau bininya aku ajak jalan2 diAD, lha ini kelakuan minus kok mau ditolongin.... gak u u u ya....
Aku seh katawa ajah... halah butuh aja lu baru tau rasa.

Dan ternyata si boss ini gak jadi keAD karena visanya gak keluar, kali telat applynya sehingga jadwal seminarnya udah mepet....
Tapi rombongan lainnya masih datang ke AD dan....gak ada yang nelepon kami. Kebeneran deh, tau kali akunya masih sebel.
Atau kayaknya pada gak punya nyali buat nelepon kami.....:P

Neleponnya malah beraninya ke Qatar, karena tau teman2 diQatar neh gak se vocal saya, tapi ya akhirnya saya denger juga cerita ini :
Rombongan ini ternyata terdiri juga dari orang2 Arun, sedang teman di Qatar kan banyak yang ex Arun sebelum pindah ke Badak, tapi hubungan mereka ama Arun tetap terjaga jadi bapak2 Arun ini langsung dengan pesawat main ke Qatar.
Lihat sejawatnya pada main ke Qatar, pengen juga kali rombongan Badak neh tapi ogah rugi jadi yang ada mereka nelpon teman diQatar dengan tanya jauh gak naik mobil ke Doha dari AD....
Hidih siapa juga yang mau jemputin, secara selagi diBontang juga mereka2 ini gak pernah ramah, sekarang aja pengen jalan2 ke Qatar baik2....
Makanya silaturahmi itu sebaiknya dijaga deh, kalau kali ini belum butuh belum tentu lain saat gak butuh lho, dunia ini kan kayak roda berputar.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home