Friday, February 13, 2009

catering ( bagian 3 )


Jadwal Harian...

Karena saya juga trima rantangan yang kebetulan 7 hari dalam seminggu, jadi kesibukan lumayan padat tiap harinya.
Untungnya kalau wiken yang ngerantang gak sebanyak hari kerja.
Biasanya Sabtu masih agak rame tapi minggu nyaris sepi yang minta rantangan.
Jadi enak juga buat saya karena hari minggu biasanya pembantu bergilir ajah masuknya buat mereka diberi libur 2 minggu sekali.

Alasan yang pada ngerantang klasik ajah sebetulnya.
Karena pembantu sulit didapat atau ada ajah ibu2 yang gak demen masak atau malah ibu2 yang lebih demen tinggal di "kota" timbang di Bontang, atau ada satu ibu yang kebetulan sekolah lagi di Jakarta jadilah tuh suami di"titipkan" aku makannya.

Ada beberapa bapak manager rantangan ama aku, maklum ibu2nya ada yang gak di Bontang dan benefitnya orang suka tanya :
Pak anu ada di Bontang ?
Ooo engga ada, lagi pergi sekian hari.
Saya paling tau lha wong pamit ama saya kalau mau dines...
Sama juga dengan temen2 yang ngerantang, saya paling tau kapan dia cuti dan kembali... karena ya itu dia ngerantang ama aku.

Kalau soal pembantu, yang rutine saya hanya punya 2 sebetulnya, yang satu untuk bebenah rumah sambil bantuin masak, yang satu ngurus cucian dengan bantuin masak juga, maklum rumah isinya hanya 3 orang, ya kerjaan rumah gak banyak walau rumah kantor cukup besar.

Ntar kalau lagi banyak orderan, siang abis jam makan siang, datang satu lagi part time, yang biasa bantu potong memotong dan cuci2, dan ada satu lagi pembantunya bule yang biasa bantuin aku bikin makanan bule, kayak lasagna dll....
Kalau pesanan lagi banyak yang part time bantu aku bisa sampai 5 orang...
tergantung apa yang dikerjakan.

Kebetulan pembantu di Bontang tuh enaknya pulang abis makan siang, baik pembantu saya maupun kebanyakan pembantu yang pulang hari, jarang yang kerja sampai sore karena itu mereka bisa masih ambil kerjaan lain.
Si mbah juga biasa gak lihat pembantu dirumah, karena pas jam makan siang jarang ada pembantu masih dirumah mereka dah pulang, yang shift pagi biasa berakhir jam kerjanya paling siang jam 1 siang rata2 seh jam 12 mereka dah kabur semua.
Ntar yang shift siang datang abis jam makan siang ampe sore.
Efeknya ketika pindah ke AD kalau punya part time lalu wiken dia kerja dirumah kami pas si mbah dirumah, dia gerah banget, gak nyaman.
Maunya hanya week days ajah part time itu datang...

Nah schedule harian saya biasanya, pagi antar Bamby jam 6.45 kesekolah lalu saya langsung ke pasar sementara kerjaan buat pembantu racikan rantangan saya berikan pada pembantu yang datang jam 6.30.
Mereka dirumah langsung bebenah dan masak buat yang saya udah siapkan.

Pulang dari pasar biasanya paling telat jam 8.15, maklum disana pan deket2 jadi aman ajah, kalaupun kudu kepasar besar Bamby diantar papanya saya berangkat jam 6 kepasar itupun biasanya 1 minggu sekali karena saya punya freezer gede. Atau sore2 saya kepasar, malah ikan tuh seger2 banget karena nelayan baru datang...sayuran juga baru datang.

Sampai dirumah masak diteruskan sampai acara family 100nya indosiar selesai... *sampai aku tau pasti karena TV dirumah disambungkan speaker ke dapur, jadi kami tetep denger acara TV tanpa lihat tampangnya*
Jam Bontang menunjukkan jam 10 pagi saat acara itu usai, makanan mulai masuk rantang, dan jam 11 biasanya yang antar rantang datang, buat anterin kerumah para pelanggan.

Abis masak gitu biasanya saya mandi, sholat Dhuha, dan kalau jadwalnya pengajian di Mesjid saya berangkat jam 10.45 dan jam 12 jemput Bamby dari sekolah buat makan siang.
Biasanya yang benahin rantang atau alat masak ya para asisten, saya taunya siang tuh dapur kembali bersih semua peralatan kembali ditempatnya.
Temen2 yang datang kerumah selalu komen, lha kok bersih amat dapurnya kayak gak habis masak2 ajah...
heheheh itu berkat para asistenku yang biasa kerja bersih....juga tuannya cukup cerewet tentang kebersihan soale.

Jam 12 lewat biasanya acar makan siang sholat Dzuhur berjamaah dan kembali ke kantor buat simbah dan kesekolah buat Bamby.
Biasanya abis makan siang Bamby diantar papanya kesekolah kalau mamanya pengen tidur kalau mamanya ada acara diluar ya saya antar Bamby biasanya...
Kalau lagi ada orderan mamanya abis makan siang langsung tidur *no wonder saya gemuk sekali saat itu*, biasanya sampai jam 3 saya tidur, ntar pulang sekolah Bamby naik bis sekolah ajah.

Kenapa saya tidur siang ?
Karena biasanya jam 2 datang pembantu lainnya buat ngerjakan side orderan, sampai sore jam 6, kadang kalau saya belum bangun mereka dah tau apa yang harus dikerjakanan karena saya tulis dikertas apa2 yang harus dikerjakan dulu sebelum saya bangun, tapi kadang saya udah bangun juga kalau ada kerjaan kan gak bisa tidur lama2 kepikiran apalagi ada kerjaan yang ribet. Atau ada yang mau ambil pesanan....

Biasanya pembantu sore itu pulang jam 5 atau jam 6 tergantung kerjaannya tapi kalau pun belum selesai biasanya saya teruskan hingga malam kayak urusan ngehias cake dll...
Meski gak setiap hari sibuk seperti itu tapi rata2 seperti itu, kecuali wiken jelas santai asli...
Biasanya kalau siang gak ada kerjaan ya saya tidur ampe ashar, baru nonton TV dll...
Cukup padat emang jadwal, tapi dengan dicermati kayak gitu ya badan tetep sehat alhamdulillah otak juga jalan terus.

Yang lucu kalau lagi gak ada orderan saya kan bobok ampe agak sore, trus ada telpon dari kantor, biasa ibu2 yang ngantor pengen pesen sesuatu biasanya.
Kalau tau saya lagi tidur, jawabnya enak banget : duh enaknya yah yang dirumah bisa tidur siang...
Lha piye seh ? bisa tidur siang itu kan karena gak dapet gaji dari kantor bukan ?

Malah pernah clerk kantor komen gini ama si mbah..
Itu buat kerjaannya ibu ajah pak *saya lupa apa*, dari pada ibu tidur ajah...
Langsung simbah bilang : lha ibu tidur tuh karena capek bukan males..

Makanya sampai sekarang kalau kebetulan saya lagi sakit lalu berencana abis mas berangkat kantor trus aku tidur lagi, saya suka ngomong *sambil ketawa ketiwi, soale jadi joke antar kami seh...* :
"mas jangan bilang Ngadi yah kalau aku mau tidur lagi....."

Tapi bener saya tuh kalau gak sakit betul atau capek bener mana bisa seh tidur pagi hari... mungkin terbiasa sibuk dipagi hari selama di Bontang.
Itu efeknya ternyata lama sampai sekarang....

Oh iya gak enaknya punya usaha rantangan adalah kalau pas kita pengen ikutan suami dines keluar kota, untung belakangan Naha bisa dititipin masakannya, tapi rata2 usaha rantangan tuh memenjara kita buat tetep ditempat, kalau engga pelanggan juga bingung kalau on off mulu...
Kadang jenuh banget emang, tapi ya nyampe juga seh 13 tahun...

Tapi enaknya rantangan itu ya apa yang dimasak itu jelas sesuai dengan apa yang dipesan, timbang buka warung atau kantin, gak pernah jelas berapa banyak kita masak, bisa laku bisa engga kan ?
Biasalah semua kerjaan itu ada minus dan positivenya, selalu begitu, rejeki Allah itu timbangannya adil.

bersambung.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home