Thursday, February 12, 2009

Catering ( bagian 1 )

PENDAHULUAN.

Bener juga kata temen yang komen dipostingan kemarin..
kalau ada sesuatu selalu inget jaman aku masih di Bontang...
Aneh juga yah ? Padahal rasanya disana saya have a good time tapi kok ternyata banyak juga cerita sisipannya..
Mungkin saat itu ya ditelen ajah judule, jadi yang gak enak2 dianggap seninya hidup di komplex. Tapi ketika udah jauh, kerasa juga lha kok kenapa yah begitu atau begini ?

Ada cerita flash back lagi, gara2 saya kan sekarang iseng ajah membudidayakan freezer yang 2 biji itu, jadi sering trima orderan kue atau masakan, walau skalanya kecil ajah maklum tenaga alipu...

Ceritanya neh temen2 yang komen tentang kesibukan catering saya, karena dianggap yang tinggal di PC3 itu gak pantes lagi punya bisnis sampingan, karena jabatan suami kan udah cukup2...
Lha sebetulnya punya kegiatan bukan semata mata duitnya ajah tapi jelas2 killing time, secara tinggal ditepi hutan kalau gak punya kesibukan yang positif kan gawat, mana saat itu namanya internet ampun deh udah mah bayar sendiri juga leletnya minta ampun itu si indonet, yang sekarang malah tutup di cabang Bontang.
Sekarang rada mending katanya kantor kasih gratis ADSL, yang beneran high speed, makanya yang pada punya FB kalau lihat kontak aku banyak orang Bontang,...
Tapi buat di MP , mereka belum merambah ke MP... *gak usah deh*

Cerita mulai dari kesibukan catering saya yang mayan deh laku juga walau saingan juga banyak, hanya kebetulan saya majoring makanan asing, kayak tiramisu, lasagna , tapi juga dimsum dan siomay *pempek dan sebangsanya mah engga*.
Kayaknya satu pelanggan setia siomay aku, Risma Rajagukguk adalah sodara kontakku di MP, hanya lupa siapa. *ngacung yah siapa kalau pas baca ini*

Makanan juga begitu, mulai dari huzaren sla, ayam kodok dan makanan non trad lainnya yang laku banget.
Meski pesanan makanan trad juga kadang2 ada tapi biasanya lebih banyak pesanan seperti ini.
Yang pernah jadi andalan adalah bistik jawa saya ke acara2 penting, sampai ke acara nikahannya anaknya Dr Titi, bistik jawa saya melaju...
Juga Ifumie dengan mie keringnya segede piring kecil, individual porsi juga pernah saya bikin 500 porsi....

Kalau dessert, yang dikenang orang sampai sekarang itu trifle, pudding coklat, dan klappertaart..
Tapi trifle adalah andalan banget, terutama kalau lebaran bisa satu meja besar isinya pyrex trifle pesanan beberapa puluh rumah...
kue yang biasa saya bikin ya hanya black forest, dan tiramisu.
kalau kue kecil saya biasanya hanya buat , pudding cake, petit four dan sus yang isinya cream vla.

Mie ayam dengan mie yang dibuat sendiri sempet demen saya bikin tapi ketika ada kecelakaan kecil dengan jari saya masuk ke mesin pengadon mie saya gak brani lagi trima mie basah, masih terngiang rasanya dijahit3 jahitan dan mati rasa hingga kini jari tengah saya.
Bari ketika di AD saya brani lagi beli mesin pengadon mie, itu juga diwanti si mbah,. awas yahhhh tangan dan jari jauh2 yah...

Oh iya yang lupa kue kering....
Nhaa itu setahun sekali omzetnya minta ampun selalu diatas 100 kg an..
dan pesennya begitu mulai puasa udah full orang pesen, ntar 1 minggu sebelum lebaran udah khalas... kue kering semua dah berpindah tangan.
Untuk kota kecil jumlah diatas 100 kg itu cukup banyak.

Sebetulnya omzet seh gak sebesar yang tinggal di Jakarta, tapi buat yang hanya dikomplex ya mayan ajah, karena pemesannya juga dari komplex seberang PT Pupuk Kaltim, malah yang membanggakan kalau ada tamu direksi dari Jakarta, selalu pesan makanan dari saya, karena dianggap saya bisa masak yang unik2 untuk ukuran Bontang.
Sampai akhirnya diminta bikin kursus sehari masakan Italy.

Sayang juga jaman itu gak demen bikin foto, juga belum punya camera digital, jadilah kurang ada dokumentasinya.
Hanya saksi hidupnya mah ada, kontakku di MP ada Herty yang sayang gak aktif sekarang di MP dan Reni yang jadi pelanggan catering aku, juga kue dan apa lagi yah ? ampe lupa saking seringnya blio pesan aku....
tapi dia tuh yang tau kayak apa kiprah aku di Bontang.
*jadi aku gak ngibul lho*

Ketika saya pindah ke AD, setelah hampir 13 tahun lebih masak sejibun asli, lalu masak hanya buat keluarga sendiri, judule selalu kebanyakan.
Mau trima pesanan, selalu diketawain ama si mbah, dengan bilang emang kamu perlu duit berapa seh ?
Akhirnya sepakatan terjadi kalau bisul pengen masak banyak udah gak ketahan saya bikin makan2 dirumah dengan teman2...
tema seh dicari cari ajah... makanya tahun 2005 hingga 2007 dirumah judule makan2 ajah,.
Tahun 2008 udah mulai males akunya karena Bamby gak dirumah lagi, mood buat masak agak berkurang.

Eh nasib tahun 2009, secara gak sengaja punya freezer 2 buah, minta ijin si mbah buat dikit2 trima orderan...lha kok boleh. Padahal dah niat banget gantung wajan alias pensiun, tapi kayaknya takdirnya lain lagi deh.
Pesan sponsor si mbah seh tetep, gak boleh seminggu penuh trima pesanan entar badan rontok dan wiken kudu free....
oke boss....

nah cerita pengalaman lalu bersambung ajah yah ?

0 Comments:

Post a Comment

<< Home