Friday, February 13, 2009

Catering ( bagian 4 )

Yang bagian ini adalah bagian yang berjasa menjadikan saya seperti sekarang, yang gak bakal saya lupa selamanya.
Juga terima kasih aku pada mereka gak habis2nya, yang sebetulnya tanpa mereka gak mungkin bisnis yang saya tekuni dapat berjalan dengan lancar.

Mulai punya pembantu alias asisten adalah si bibik, yang namanya Diasa, orang Bugis asli, dan buta huruf tapi kalau urusan jujur nomer satu...
Orangnya rada keras karena hidupnya juga keras, kadang suka seenaknya ajah kalau kerja, apalagi kalau dikasih temen yang mudaan, langsung bossy.
Sayangnya dia buta huruf jadi kalau ada pesen kudu pake kode gak bisa ditulis.
Bibik neh ikut aku sampai 11 tahun, keluarnya gara2 sakit berkepanjangan, jadi terpaksa dipensiunkan ajah diganti ama yang lain.
Saking lamanya kerja ama aku dari mulai kurus hingga gemuk bukan main, soale dia tuh segala makanan suka, dari gudeg sampai huzaren sla sampai lasagna atau makanan berkeju lainnya...
Padahal pertama kerja ama aku , beneran bugis asli sukanya hanya ikan dan gak suka produk susu...

Naha , nah ini beneran tangan kanan aku, waktu bibik masih kerja ama aku trus produksi makin membesar terpaksa ambil satu lagi yang bukan part time, ketemu ponakannnya bibik, yang akhirnya sempet 8 tahun kerja ama aku karena aku pindah ajah dia jadi kerja ama orang lain...
Kalau Naha beneran no comment, perfect asisten, jujur dan bakat banget masak, juga orangnya pinter...
Sempet kaget ketika kami sama2 denger kuis family 100, ada pertanyaan Paus sekarang Paus keberapa? Lalu pesertanya salah jawab, Naha nyeletuk, lha kok gak tau, sekarang kan Paus kesekian ya bu ?
Aku sampai hampir keiiris saking kagetnya dia tau Paus keberapa padahal aku ajah gak tau....
Ternyata dirumahnya kalau dia bawain koran kompas sisa dari rumah dia suka baca koran...
pantasan..

Temannya Naha yang juga bukan part time, adalah mbak Sulia, dia neh exnya pembantu expat, yang entah kenapa ketika Mrs Crawfortnya pulang kok saya disuruh ambil dia.
Udah umur dan darah tinggian jadi kalau suruh nyicip makanan gawat pasti kurang asin... padahal kalau Naha ama aku puasa , hanya mbak ini andalan aku karena dia non Muslim.
Tapi mayan jujur orangnya dan sayang banget ama Bamby.
Kerjaan dia yang saya beneran missed, adalah selalu buatin aku juice buah tiap hari ketika itu.

Yang part time, ada Bibik Niko, nah dia ini juga buta huruf, hingga kalau aku kasih pesan ama dia pake kode.
Kalau saya beli sayur sejibun dan kudu disiangi, ya saya taruh ajah pisonya dideket kangkungnya..
Atau kudu ngupas bawang, ya piso plus bawang...
kalau kudu motong2 kayak buncis, saya ambil telenan piso dan contoh buncis yang udah dipotong.
Kalau kentang ya begitu, kentang dah dikupas dan dipotong.
Ntar saya bangun jam 3 semua udah beres...

Kalau daging ? gampang keluarkan cooler, daging dalam cooler tapi plus talenan dan piso plus contoh berapa besar daging dah dipotong.
*takutnya kalau diluar dimakan kucing yang kali ajah nerobos masuk*
Kalau ikan, ya tinggal taruh ajah dengan piso dah tau kudu dibersihkan....
Ayam mah biasanya aku kerjakan kalau saya udah bangun ajah.

Kalau Mbak Tini, yang hampir ajah dia ikut temanku di Dubai, sayang kena hep B jadi gagal test kesehatannya.
Tapi mbak Tini ini saking lamanya kerja ama expat di Bontang bahasa Indonesianya lucu...
kalau nyuruh dia mending pake bahasa Inggris lebih ngerti istilahnya..
kayak bikin bechamel saus dia lebih tau timbang kita bilang bikin saus putih.
Apalagi nama2 masakan asing dia tau banget, justru dari dia saya belajar bikin pizza, salsa, 7 layer dip, dan roti kentang...
Jagonya kalau disuruh bikin baguette, karena dia kerja ama orang perancis 7 tahun, dan sisanya dia kerja ama orang amrik dan inggris kalau ditotal jam terbang dia ama bule ada 30 tahun...
Enaknya mbak Tini ini kalau datang siang jam 2, aku dah tulis ajah perlu bikin apa, saus merah/dia bilangnya tomato concase, atau bikin isian dagingnya atau ragout atau apa ajah.
Jadi ketika saya bangun tidur, sudah bisa langsung in action bikin ini itu...karena persiapannya udah dia bereskan.

Satu lagi yang berjasa pada saya adalah toko Ramee di Delft, yang ketika saya tinggal di Delft kerja ditoko makanan mereka.
Linknya bisa dilihat disini : TOKO RAMEE
Karena kerja dengan mereka saya jadi terinspirasi dan bisa kerja sambil mengambil ilmunya bagaimana mengelola suatu usaha besar.
Mayan juga 2 tahun saya kerja disana banyak pengalaman yang bisa diambil.
Makanya saya gak pernah lupa mampir toko Ramee kalau lagi jalan ke Belanda, ini foto saya ketika tahun 94 mampir lagi kesana.
Beberapa kali yang setelah tahun 2000 kesana, mereka lagi tutup liburan summer, sayang banget, 3 tahun lalu juga waktu kami ke Belanda juga pas tutup...
Barusan saya telpon mereka di Belanda, entah kenapa kangen juga, ternyata ya si tante nya udah pensiun jadi jalan2 ajah , yang meneruskan anaknya dan mantunya yang namanya Guan Ciang yang ada difoto diatas...
Tadi saya bicara ama Guan Ciang dan istrinya Lily...
Nostalgia rasanya....

Satu lagi, saya pernah ikutan kursus di Caux Swiss buat catering skala conference, lumayan juga hasilnya gak grogy lagi kalau kudu masak atau mengatur jadwal untuk masak makanan dalam skala besar dan juga bagaimana bekerja secara higienis.

Lihat ajah itu panci segede apa yang pemanasnya bak rice cooker, sisinya juga ada pemanasnya, ini panci thermal judule kapasitas 750 orang.
Saya inget ngaduknya pake kayak dayung, dan itu saya lagi kebagian bikin cheese soup, wenak banget, dikasih tint mustard... rasanya nendang bow...

Yang ini bikin Chicken Coronation Salad, bikinnya di tempat kayak peti mati besarnya...
Sampai sekarang baru bikin 2kali ajah soale males ngecilin resepnya, sekali bikin buat 500 orang ...itu kapasitas minimal sekali bikin.

Kalau yang ini ketika pindah section magangnya, ke bagian pastry. Lihat ajah mesin2nya segede bagong semua...
Namanya food processor ajah kayak gini gedenya...
Demen banget kerja disini, mana bersih banget.
Tapi kalau sekarang disuruh lagi kesana emoh....capek..

Tugas bikin kue ultah buat salah satu diantara kami....

Guru pastry aku yang baik hati Hildy Zeller, dari blio aku dapet resep cookiesya Jan Franzon..yang enak banget.

Yang terlihat disini ternyata tahun 96 tuh saya udah segemuk ini, ternyata saya gemuk tuh udah lama juga, gak nyadar...untung bisa turun sekarang walau belum optimal tapi gak segemuk foto ini...

(bersambung)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home