Sunday, March 01, 2009

Catering ( bagian 5 )

Lagi kudu banyak diem, kalau cuman duduk2 ajah kan gak tahan juga makanya nulis ajah deh, dongeng diteruskan...
Baru ajah posting serba serbi berjualan DISINI
Lalu kembali keinget tulisan bersambung soal Catering.

Kali ini cerita tentang awalnya aku trima pesanan.

Ketika awal2 kehidupan belum semahir sekarang tentunya memasak, tapi emang udah cinta dengan dunia dapur seh.
Malah parahnya ketika gadis dulu kalau masak pernah dikatain ama adikku yang laki, katanya ini masak sayur asem kok rasa capcay...
bayangkan jauhnya antara kedua masakan itu....

Lagi baru menikah masak udah mulai bisa sedikit dikit, tapi bikin kue masih parah, yang teringet adalah aku bikin serabi, dikatain ama masku kayak piring terbang dan sebelnya sempet dilempar2 kayak frisbie...

Ketika pertama bikin kue kering di AJ juga gitu, bikin kaastengel mah biasa, bikin ama nastar sejak jadul jadi lancar, ketika bikin lidah kucing ternyata salah, si putih telurnya gak dikocok dulu jadi si lidah kucingnya ngga ngebros...
sampai temen yang makan kaget, lha kok gini rasanya agak2 keras...kaku.
Akhirnya setelah coba sana sini dapatlah formula yang bagus buat bikin kue kering, dan mulailah jualan kuker...

Lalu urusan bikin fruit cake yang model kayak pound cake gitu, tau seh caranya lha wong mamie aku jagonya, tapi saya gak punya thermometer oven jadi main pede ajah ketika temen pesen...
Inget ajah itu pesanan Dewi pertama yang aku gak lupa, gatot asli, tau kenapa, ketika ngoven dengan suhu 160C, ternyata hanya 140C, ya jelas dalamnya bantat.... gak kliatan dari penampilan lha wong fruit cake kan emang gak mekar banget...
Hanya ketika dipotong dalamnya kayak dodol... hiks maluuuu...
Tapi belakangan Dewi langganan setia aku, cheese cake apa ajah jenisnya dia suka pesen, malah pelanggan setia aku deh.

Kalau masak hampir gak pernah gagal, emang seh saya beneran penggemar memasak timbang bikin kue, tapi bikin kue itu harus bisa agar pelanggan saya jadi one stop.
Bisa pesen makanan, kue dan dessert.
Meski gak ahli terutama gak ahli menghias tapi bisalah bikin kue dengan hiasan sederhana, bisa bikin dessert mulai dari pudding, triffle , mousse dan tentunya cheese cake.

Photobucket
Cerita cheesecake lucu lagi...
Ketika belum musim tiramisu, saya dah sering bikin chilled cheesecake, malah ada yang dikombi dengan ager2 segala, ada yang yang juga cheesecake yang di baked.
Tiap lebaran Dewi selalu pesen cheesecake ama aku karena unik, tiap tahun beda2 rasa..., lalu ada tamu2nya makan, pada heran apa yah ini ? Cream Cheese tuh belum populer samsek disana padahal di Comissary dijual itu cream cheese, pasarnya hanya orang2 jepang, expat bule dan diriku.....

Karena emang trendnya Bontang kalau lebaran kuenya adalah Black Forest, hampir setiap rumah bikin tuh kue, aku ajah ampe tahun 2004 pesanan tuh kue masih membludak, eneg sampai yang bikin, yang pesen kok ya gak bosen2... jangan ditanya simbah ama Bamby, asli emoh kalau sekarang dibuatin.
Entah sekarang masih gak seh demen BF ?

Nah dirumah Dewi kalau lebaran selalu sedia BF *pesen ama orang lain * dan cheesecake buatan aku, dan orang2 masih ajah aneh dengan kue tsb tapi tetep ajah dimakan sambil komen macem2.
Lalu musim tiramisu, tentunya Dewi juga pesen cheesecake yang versi tiramisunya, ya saya buatkan.
Di Bontang tahun itu baru juga mulai beken tiramisu karena ibu2nya akhirnya sering liburan ke Jakarta dan mulai denger2 boomingnya tiramisu jadi baru ngeh yang namanya tiramisu.
Lha yang lucu temen2 pada ngomong ya ini baru kue enak, yang biasanya kayaknya eneg deh...

Saya seh jawabnya tenang ajah, lha apa bedanya dengan yang tahun2 lalu, bahannya sama, hanya satu rasa kopi yang tahun lalu rasa blue berry...
Masih ngeyel temen bilang : itu bahan nya beda ah, kok isiannya lebih enak..
pasti beda..
Helah sami mawon euy semua pake cream cheese....

Nah yang lucu ada cerita, temen ngakunya bisa bikin japanese cheesecake, dan sudah trima pesanan, tapi ketika pergi dengan saya dan mau beli cream cheesenya, nanya saya malah beli merek apah, ketika saya tanya balik, ternyata dia ngakunya biasa belinya cream cheese spread......
Saya jadi heran jadi pesanan dia selama ini pake itu ? atau ??????
walahulam deh...

Lalu inget lagi ketika bazaar saya kan jualan juga tiramisu, waktu itu belum terlalu beken banget di Bontang, jadi ada ibu2 yang nanya bahannya kue itu apa ?
kebetulan saya pake mascarpone....*kebetulan produk Yummy mascarpone udah masuk Balikpapan jadi saya bisa beli*
jadi saya bilang ajah apa bahannya.
dia nanya apa itu mascarpone....
susah payah juga jelasin...tapi temen dibelakang nyeletuk itu lho suaminya mbak karpun...*Christ aku inget itu*

Terakhir...
Ketika saya jualan lasagna, selalu buat toppingnya saya pakein orange cheddar cheese...biar cantik warna bagian toppingnya lasagna..
Ada temen komen, duh lasagnanya mbak E itu, kok asem banget, abis pake orange cheese seh....
untung ada yang cerita ama aku, jadi aku bisa konfirmasi deh, jelaskan bahwa orange cheddar cheese itu nothing to do dengan rasa asem, hanya warna kejunya ajah orange, rasanya mah tetep asin....


segitu dulu yah dongeng hari ini...
masih ada cerita lain yang seru....
met gawe yah besok.....

0 Comments:

Post a Comment

<< Home