Thursday, May 24, 2007

Bontang dan Satwanya.

Namanya tinggal dihutan Kalimantan ya mestinya banyak binatang aneh2 yang juga masih besar2, walaupun didalam komplex tapi tetap saja yang berbatasan dengan hutan selalu saja ada binatang yang "numpang" lewat.

Mulai dari babi hutan, sering banget ronda kalau sudah malam tiba, juga kok ya bisanya tau kalau halaman rumah kami itu ditanami singkong, selalu saja kalau singkongnya sudah mulai tumbuh, eh dia datang. Dan bisa ditebak kalau besoknya tanaman kami semua jungkir balik.

Pernah suatu kali saya pas ditinggal suami dines itu babi nyeruduk pintu kamar tidur saya yang memang ada akses pintu keluar, kebayang gak kagetnya tengah malam ada yang nyeruduk gitu ? gak tau kenapa kok bisanya nyeruduk pintu, tapi ya selama saya tinggal dirumah itu ya sekalinya aja itu.


Juga suatu kali kami pulang larut malam dari suatu acara, kok pas didepan kami terlihat babi hutan lewat, dan kelihatannya dia kaget lihat mobil muncul dan kami juga kaget dan ngerem si mobil,jadi sesaat kami terdiam, kalau bisa diterjemahkan kali babi hutannya bilang "ooo ini toh yang namanya manusia.....".

Begitu tersadar langsung kami tancap gas mobil kabur, ngeri diseruduk, kan bisa runyam ntar.
Lain kali pas kami jalan kaki dipinggir pagar pembatas dengan hutan, terlihat ada biawak, gede banget, dasar orang kagak pernah lihat biawak, saya teriak2 manggil suami biar lihat tuh ada biawak gede, jadilah si biawak itu kaget, saya juga kaget karena dia lari, jadi kata suami , pemandangannya lucu amat, yang daku teriak2 loncat2 karena girang lihat biawak, sedang biawaknya pontang panting lari kaget lihat saya teriak2......

Sekarang monyet....wah kalau yang satu ini repot banget, waktu kami tinggal dirumah yang berdepan2 an dengan hutan ( sebelum pindah kerumah yang terakhir ini), selalu setiap siang terdengar bunyi sesuatu buka tutupnya tempat sampah....siapa gerangan ?, gerombolan monyet....mulai dari AA, Teteh, nenek, kakek, bapak dan ibu monyet semua ada deh dirombongan itu, malah yang satu bawa bayinya.....pinter banget dia buka tutup bak sampah diluar rumah dan kemudian dia tutup kembali kalau kosong, heran juga lho, kok pake ditutup kembali.

Tapi kalau ada isinya sampah jangan harap gak diaduk2 semua, makanya kami selalu buang sampah pagi aja, tepat sebelum mobil sampah datang biar gak diaduk2 si monyet.

Dasar iseng besoknya saya belikan pisang 1 sisir ( waktu itu pisang di Bontang sangat murah), wah ramenya monyet itu datang...lha tapi abis itu kapok....karena ternyata besok2nya makin banyak monyet datang dan tetangga complain ama aku : " bu, monyet liarnya jangan dikasih makan ntar pada datang semua kesini, kan kita yang repot.....waduh...maaaffff ....

Mana tau kalau gitu akhirnya, dasar orang kota, seneng lihat monyet sih ? kan saudara tua kabarnya....
Kadang lucu juga kalau sore2 lihat monyetnya pada nangkring di pagar pembatas....tapi biasanya kalau lihat orang mereka lari jadi ngintip aja dari jendela rumah.

Tapi memang urusan monyet ini panjang banget, yang punya tanaman buah2an semua mengeluh karena selalu disatroni monyet, apalagi yang rumahnya persis dipagar hutan, gak pernah aman. Tapi kata suami ya monyetnya gak salah lha wong dulu area perumahan ini kan rumahnya dia.....

Ada satu hal yang saya kangen sekali sekarang, kalau abis hujan dari kejauhan selalu terdengar bunyi monyet bersahut2an teriak2, selalu terdengar hampir setiap pagi atau sore.... Indah rasanya suara seperti itu.

Kalau burung, wah gak usah dibilang lagi macam2 burung liar, dari yang buntut panjang hijau, ada yang warna kuning, entah apa aja saya gak gitu ngerti tapi bagus2.

Tupai adalah musuh kami setelah rumah pindah agak ketengah komplex, buah2an selalu kena kerat nih tupai kalau telat metik, mangga, sawo, belimbing, jambu air semua kena sabet si tuan tupai ini, tapi memang lucu ya tupai ini, buntutnya betul2 mempesona.

Last but not least......Ular.

Yang satu ini mengerikan betul, karena jenisnya macam2 dari yang paling besar sampai yang kecil semua ada.....

Yang pertama saya lihat waktu baru 3 tahun kami tinggal di Bontang saat rumah kami terletak dekat hutan lindung yang ada ditengah komplex ( kami 4 kali pindah rumah selama di Bontang mengikut karir suami).

Bentuk komplex kami seperti donat jadi tengahnya ada hutan lindung yang isinya ada babi hutannya, biawak dan macam2 ular tentunya, idenya bagus untuk biar tetep asri tapi akhirnya jadi penuh masalah dengan satwanya dan pada akhirnya dipagar tinggi agar binatangnya gak keluar pagar tapi ular kan tetap aja tembus pagar, hanya binatang besar aja yang gak bisa lewat.
Ceritanya suatu siang saya lagi duduk2 diberanda belakang, tiba2 dari pohon denger gusrak buk....apaan ya ? taunya ular pohon turun dari pohon dengan cara melipat tubuhnya dan melenting. Besar ularnya sih cuman sebesar jempol tapi panjangnya semeter bo'..... Kebayang kan kalau ular itu tiba2 jatuhin kita......
Yang kedua tiba2 saya denger kresek kresek di teras belakang, apa ya ? taunya ular sedang ganti kulit diantara akar2 pohon, besarnya segede lengan tangan..........
Kemudian suatu hari kami melakukan perjalanan dari Bontang ke Samarinda , ditengah jalan kami berhenti karena melihat ada orang berkerumun, apa taunya ? Ada ular yang baru saja dibunuh, besarnya 3 meter dan diperutnya ada babi hutan.......lemes banget lihatnya...rasanya kami punya fotonya tapi entah dimana kayaknya mesti dicari...
Lalu kami denger juga, ada ular yang makan anak SD yang lagi tiduran dibawah pohon, komplit dengan seragam SDnya....karena ternyata ular itu kekenyangan dan tidur gak jauh dari tempat anak tsb dimakan, jadi masih bisa dibunuh, dan dikeluarkan anak tsb dari badannya, dan dimakamkan semestinya.


OOT sedikit, dikota kecil Sangatta malah yang jadi ancaman adalah buayanya, banyak sekali orang yang dimakan buaya disana, salah satunya buaya yang tertangkap besarnya 4 meter....... perutnya aja lebarnya hampir 1 meter, bayangkan.....prehistoric amat, dan yang dimakan buaya terakhir itu seorang ibu lagi ambil air disungai Sangatta dicaplok buaya padahal ibu tsb sedang masak dirumahnya , masak untuk lebaran keesokan harinya.
Belum lagi korban2 sebelumnya, ada anak SMP, ada juga orang tua dll, banyak banget deh korban buaya, lebih banyak dari pada korban ular.


Kembali ke ular, suatu saat pernah pas jam kantoran bubar, mobil tiba2 macet....padahal Bontang dalam komplex jarang macet, ada apa gerangan ? ular lewat....bukan becanda tapi betul.
Ular yang besarnya sepaha manusia dewasa lewat melintas jalan, siapa yang berani melindas ? gak ada ....ya mobil2 pada berenti semua....
Kalah dengan si Komo yang lewat deh......
Biasa kok binatang melintas jalan, kadang monyet nyebrang dan seringkali juga biawak....

Saya malah pernah nabrak biawak dijalan, abis mau gimana ? udah deket baru lihat kalau biawak nyebrang dari pada ngerem mendadak mana jalan 80 km ya udah bismilah terlindas deh....mana biawak lumayan gede lagi....tapi pas ditengah mobil kelihatannya, buntutnya yang terlindas dan kepalanya kepentok bagian silender mobil kayaknya, soalnya mobil saya jenis SUV bukan sedan yang rendah...karena saya denger rasanya dibawah mobil grotak grotak....aduh maaf ya wak ?

Nah sekarang cerita serba serbi dapat "tamu" ular.....
Temanku yang tinggal di perbatasan pagar dengan hutan tetangganya "Herty Qatar" ( saat itu masih di Bontang), pernah dirumahnya ketamuan ular yang anehnya kok nangkring diatas jendela yang ada diatas pintu.
Kebayang gak? jadi model pintu rumahnya, atasnya ada jendela yang gak bisa dibuka tapi ada cekungan untuk kacanya jendela. Taunya ada ular diatas jendela itu, ketika si nyonya rumah tsb mau keluar rumah buka pintu kok tau2 dari atas pintu ada bagian ekornya ular menjuntai......
Tetangga sebelahku lain lagi, pagi2 dia denger kok ada suara ngoookkk ngoookkk kaya suara kerbo melenguh, taunya apa coba ular cobra segede lengan masuk dalam talang air gak bisa keluar, kayaknya kejepit karena talang airnya kan bagian ujung bawahnya menyempit, kepala ularnya sudah diluar tapi badannya masih didalam talang.
Kelihatannya si ular itu naik pohon, makan anak burung atau telor burung lalu merambat ke atap rumah dan masuk talang air.
Jangan dikira ular tuh gak bisa merambat naik, bisa lho bahkan sampai keujung pohonpun.....ngeri deh.
Yang bahaya lagi kalau pintu keluar rumah terutama yang berhubungan langsung dengan halaman berumput ditinggal terbuka....
Biasanya kan kita kalau nganter teman kemobil, pintu rumah dibiarkan terbuka gak sengaja. dan rumah disana pintu keluarnya ada beberapa saking besar2nya rumah disana.

Nah pernah teman juga gitu nganter temannya keluar rumah lewat pintu samping yang langsung berhubungan dengan halaman yang rimbun, jalan bersama ke mobil dan rupanya dimobil masih ngobrol2 agak lama dan ketika kembali masuk rumah, ular sudah melingker diatas karpet dikamar TV.......
Pernah ada teman akan berkunjung ke rumah Bu Tri, pas turun mobil tiba2 lihat dipohon kelapa dekat pintu masuk rumahnya ada yang bergerak2, begitu dilihat2 lho kok ular sawah yang gedenya aduh mak....langsung kabur masuk mobil lagi dan telpon bagian sanitasi untuk nangkep tuh ular.....
Anak teman, masuk kamar lihat lho kok ada yang bergerak2 dimeja belajar? dilihat ternyata ular sebesar jempol, pengen ikutan belajar kayaknya. Tau masuknya dari mana ? dari celah pintu bagian bawah, kan kadang daun pintu bagian bawahnya gak rapet ama lantai, nah dari celah itu si ular masuk.
Makanya dirumah saya, setiap celah pintu saya beri karet yang untuk karet pintu mobil, dilem dibagian bawah pintu, jadi lumayan aman juga gak ada binatang apapun masuk dari celah pintu.
Bagi yang punya koleksi guci besar ( Kalimantan tuh surganya beli guci, baik yang asli jadul maupun yang tiruan), biasanya selalu ditutup dengan piring bagian atasnya guci kenapa ? Sering banget ular masuk dalam guci, melingker tidur dengan tenang. Entah kapan masuknya, lupa nanya sih..........( amit2 deh).

Cerita terseram ya dirumah Pak A yang anak2nya masih kecil2 demen banget main sepeda diberanda....

Suatu sore main2 lah tuh anak diberanda rumah, untung ada tetangga yang lihat, karena apa ? Ternyata disamping beranda rumah sudah ada ular sawah yang besarnya menakjubkan sedang ngincer tuh 2 balita yang asyik main sepeda2an.......
Langsung semua kerja cepat, si istri nelpon org tua anak tsb, sibapak teriak2 anaknya suruh masuk rumah, tapi dasar anak2 malah sambil kemayu geleng2 kepala sambil bilang : engga aaah mau main duluuuuu...., gak ngerti ada red alarm....
Untung telpon tetangga langsung bersambut, ortu sianak keluar langsung cabut aja dua anak itu masuk.
Itupun siAyah masih agak bergulat dengan si kemayu tadi, yang ternyata betul2 gak mau disuruh masuk rumah.....
Bayangkan coba tegangnya saat itu.....

Makanya dengan cerita2 gini ini siapa yang nyaman camping di Bontang ? Kalau gak mau dimakan atau digigit ular?
Itupun kami masih pernah camping dihalaman rumah sendiri beberapa kali tapiiii dengan ditaburi banyak2 garam disekeliling kemah kami. Pasang tali ijuk dan dipintumasuk kemahpun saya pasang keset ijuk yang besar.....
Pinggiran kemahpun saya kasih selimut jaga2 kalau ular dari luar nggigit, yang kena selimutnya bukan kitanya....
Nekat memang.....

3 Comments:

At 7:37 PM, Anonymous Vini said...

assalamuallaikum Bu Estherlita..
aduuhh.. beneran masih banyak binatang ya disana?
Ngerii euuy...
Saya bulan Juni ini insya Allah diboyong suami pindah ke Bontang..
aduuhh.. bismillah ah gak ketemu bintang2 itu.. hiiy...
Btw, salam kenal ya Bu..
Terima Kasih sudah menceritakan serba-serbi Bontang, khususnya di PTB. Setidak-tidaknya saya ada bayangan sedikit tentang keadaan disana.. aduuhh.. seneng deh nemu Blog-nya ibu.. (udah browsing kemana-mana baru ketemu disini tempat yang ngulas Bontang lengkap dengan pernak-perniknya) Makasih yaa Bu ♥

Salam Kenal,
Vini

 
At 8:06 PM, Blogger Bunda Estherlita said...

walaykum salam...
mudah2an seh sekarang gak kayak selama kami tinggal disana yah ?
Mudah2an dengan baca2 ini setidaknya siap mental say...
tapi gimanapun tempat yang terindah tuh ya bersama suami dimanapun berada , ya gak ?

salam dari AD.

 
At 7:40 PM, Anonymous Vini said...

Betul bu...
amin...

-Vini-

 

Post a Comment

<< Home