Tuesday, March 03, 2009

Catering ( bagian 6 )

Selama tinggal di Bontang, untuk orderan yang non rantangan saya emang sengaja ambil menu2 yang non tradisinal, karena menu2 trad tsb udah ada dalam menu2 rantangan tiap hari.
Dan untungnya dengan majoring menu2 tsb hasilnya lumayan laris karena juga hampir gak ada saingannya hingga kini masih belum tergantikan...
Mudah2an seh kapan ari ada yang bisa bikin menu2 yang pernah saya jual dulu... *gara2 FB jadi tau situasi Bontang*

Juga karena saya banyak juga mendalami makanan asing, jadi lumayan pede dengan menu2 tsb. Biasanya buat perkenalan, adalah kalau ada event2 dirumah, saya selalu menyajikan makanan2 yang gak lazim dibuat temen2 lainnya.
Kayak pempek, tekwan, soto, baso, atau mie ayam, menu2 arisan lainnya gak pernah mampir dirumah ku...
Kalaupun agak menu trad tapi yang diambil yang bisa masuk ke menu internasional kayak selat solo, bistik jawa, kadang ayam kodok.
Yang menu lainnya kadang saya bikin ifu mie dengan individual mie keringnya lalu makanan belanda a.l. huzaren sla, steak belanda, pastel tutup yang ragout isinya, macaroni schotel dll... malah pernah juga shabu2 juga juan -lo dan sukiyaki (yang belakangan sukiyaki aku tuh digemari banget dan laris banget pesanan menu tsb).

Ketika pindah ke abu dhabi, sama juga kalau ada event dirumah di awal2 kepindahan saya di AD selalu menyajikan menu2 non trad, pernah ayam kodok, ayam hainan, sukiyaki dan juga pernah huzaren sla...
Tapi kecele banget deh, ternyata di AD temen2 gak begitu suka makanan aneh2 begini..., pernah aku sediakan huzaren sla, yang ambil hanya 2 orang asli dari tamu 20 keluarga.
Bungkus2 juga gak heboh...

Lalu terpaksa banting setir bikin masakan trad, walah ternyata... mereka demen banget sampai nambah2 dan bungkusnya juga heboh...
Malah ada yang komen ternyata bisa juga masak trad...
aku jawab ajah : saya seh gak nyajikan makanan trad karena itu menu rantangan saya, eneg rasanya nyajikan menu2 begitu mulu...
Kirain ibu2 disini demen makanan asing taunya malah mau yang trad..kecele banget aku.

Tapi sejalan dengan waktu kliatannya emang itu yang disuka, jadi dengan sangat terpaksa ya menu2 trad ajah yang disuguhkan walau saya selalu putar otak agar menu trad tsb tampilannya beda.... bosen asli lihatnya.
Apalagi soto...duh.....
Tapi mungkin karena di AD , temen2 kebanyakan kangen tanah air, jadi mungkin juga kangen masakan trad jadi ya itu yang ditunggu. Masih rada bisa dipahami.

Yang unik pernah ada sekali lomba bikin kue kecil yang harus bahan dasarnya ikan.
pada tingkat departemen, saya salah satu yang ditunjuk untuk ikutan.
Jelas saya kalah (hanya runner up 2), karena saat itu jurynya memutuskan saya kalah karena makanannya terlalu barat....
Ini jelas saya denger dari salah satu jury yang teman saya, yang ahli gizi, dia bilang semua juri bilang enak tapi karena terlalu barat jadi gak bisa menang.

Yang menang adalah : pempek, kemudian baso ikan dan apalagi gak ngerti deh apa, tapi makanan trad jelas yang menang...
ya selera jury emang tapi anehnya kenapa kok gak ambil inovasi yah ? ambilnya sesuatu yang biasa banget.

Ketika maju sebagai perwakilan departemen jelas banget kalau kalah departemen kami, ya pempek apa anehnya seh ?
yang menang adalah pastel tutup isi ikan kakap dimasak dengan saus putih dan juara keduanya kalau gak salah ya makanan barat juga hanya hiasannya terlalu banyak pewarna, anehnya jurinya gak mention itu.

Saya seh ketawa ajah, ya departemen lain seleranya dah segitu majunya, wakilnya maju dengan makanannya canggih2 , ini departemen kita : pempek... duh ampun.
Kenapa ? ibu managernya masih selera asal...

Mau tau apa yang aku buat dan hanya dapet runner up 2 karena terlalu barat ?
sus isi tuna salad.....

0 Comments:

Post a Comment

<< Home