Tuesday, March 03, 2009

Catering ( bagian 7 )

Salah satu bagian yang paling saya gak suka dari punya bisnis catering adalah urusan resep...
Soalnya dari yang minta resep hingga yang nyolong resep malah sekarang di copas buat dijual ada juga, semua udah saya alami...

Ketika tinggal dikota remote kayak Bontang, lalu punya usaha, lalu orang heran kok bisa bikin ini begitu kok bisa begana, itu rasa ingin tau bisa membuat orang lupa diri.

Ketika awal jualan, kebetulan banget saya bisa bikin pudding busa yang gak misah antara busa dengan agernya, lalu vlanya juga saya bikin yang cream vla, yang mana saat itu baik ager ataupun vlanya belum pernah ada yang bikin seperti yang saya jual...
Mulailah teror keluar...
+ Lihat dong cara bikinnya... aku gak bakal jualan kok buat sendiri ajah...
Atau
Saya penasaran soale, lihat yah bikinnya...

Lalu juga ketika orang makan kue kering saya, almond cookies, katanya enak, lalu ibu tsb telpon kerumah.
*entah dia dapet dari mana gak jelas kayaknya namu kerumah temennya yang beli kue kering saya tsb*
-
, wah bu kue keringnya enak neh anak saya nangis pengen lagi.
+ yang mana ?
- mete almond kalau gak salah...
+ *GR* oh masih ada kok, mau berapa kilo ?
- engga saya gak mau beli tapi mau minta resepnya .....
*Kudu gimana coba jawabnya ?*

Lalu pernah lagi ada ibu guru nya Bamby telpon :
- Bu Bambang ini saya mau bikin kue kering yang ijo itu.
minta resepnya bisa ?
+ Lha bu saya kan masih jualan tuh kue ?
- Oh saya minta resepnya bukan buat dijual tapi mau bikin buat sendiri...
*puyeng ....ngbgrmblk%#&@**

Pernah lagi begini:
+ Bu minta resep black Forestnya dong, anak saya suka soale...
*padahal tau saya jualan kue tsb*
- Ada neh bu ambil ajah resep yang saya ambil dari femina.
+ Lha saya mau resepnya bu Bambang, biar saya bikin sendiri gak usah pesen toh bukan buat jualan kok...
*lha bukan buat jualan juga gw kan masih jualan, aneh kan ?*

Lain lagi :
+ Bu ini resep yang didemokan itu sama dengan resep yang dijual yah ?
*lasagna kalau gak salah*
- Ya engga tho bu, masa sama, itu kan rahasia perusahaan...
+ eh ibu anuya, semua yang dijual dibagi2 ajah kok resepnya...
- ah biar ajah bu, saya seh engga...
+ eh jangan pelit ntar gak ada pahalanya...
- lha bukannya saya udah demo itu bagi resep...
+ tapi kan bukan resep jualan ibu ....
*astaga, kelenger*

yang terakhir :
+ bu katanya abis kursus yah ?
- iya bu sebulan.
+ mbok ya demo hasil kursusnya...
- lha saya kursus tuh biaya sendiri lho....
+ ya gpp kan kalau bagi2 ilmu banyak rejekinya...
- ya asal biaya kursus digantiin seh boleh ajah bu...
*bete langsung si ibu...*

Yang heboh ketika mau pindah ke AD kemarin itu...
beberapa ibu2 pada bilang, resep2 sekarang bisa dong dibuka, kan udah mau pindah...
ketika saya akan bagi2 resep, ada satu temen gak setuju...
kata temanku D itu, : udah lah mbak bawa ajah tuh resep bersama mbak... bukannya makasih kok dikasih resep tu...
Dipikir2 bener juga kata temenku ini...
akhirnya saya bawa hingga ke AD resepnya..
Dan kemarin di FB masih ada yang ngejar minta resep tiramisu aku...
hehehehe gak UUK yah.....

Biar ajah dibilang pelit, lha wong gak pelit ajah juga salah kok.... heheheheh.

4 Comments:

At 6:27 PM, Anonymous Anonymous said...

ibu siip bgt deh, tapi sy se7 kalo berbagi sesuatu yg bermanfaat itu pasti, kt Allah, akan bermanfaat tak hanya bagi orla, tapi jg buat kita sendiri, bahkan setelah jiwa tak dikandung badan. Bukankah hidup ini sementara, sayang kan kalo kita sll hitung untung & rugi melulu. Wong kita juga bisa ini & itu bukan karena kita sendiri tapi Allah memberi kita demikian. Salam sayang.

 
At 8:54 PM, Blogger Bunda Estherlita said...

Salam kenal : lha wong gak tau siapa yang nulis, abis tanpa identity...

Emang alhamdulillah kebiasaan itu datangnya dari Allah karena apa ? usaha dan juga doa..
Kalau gak usaha ya gak bakal juga bisa.
Dan usaha yang saya lakukan adalah pake biaya...

sementara yang minta resep pengen gratisan, apakah itu adil ?


Meski etika dagang kan tetep harus dipegang, tapi sebetulnya saya sangat2 sering kasih demo dan bagi2 resep, hanya jelas bukan resep yang buat jualan...
rasanya amalan buat bagi2 resep sudah sangat banyak saya berikan, seperti saat ini di blog saya bahkan sampai step by stepnya..

Mungkin komen anda akan lebih tepat bila anda sudah mengalaminya sendiri apa yang saya alami.

Salam dari AD.

 
At 10:48 AM, Anonymous Anonymous said...

Assalamualaikum Bu Esther salam kenal..
kalau menurut saya, masalah resep adalah rahasia.. karna itu kunci rahasia sukses dalam bisnis makanan..
Biasanya orang yg sering nanyakan: kamu kulakannya dimana, ini resepnya bagaimana.. adalah orang yg tdk mengerti etika bisnis... Jadi adalah kewajiban kita menjaga resep rahasia.. karna resep kan juga dr kita belajar sendiri.. kalau mau di share ya yg pokok/ umum2 saja.. kan jg lucu masa kita jual kue tp resepnya dishare secara detail.. lha klo gtu tutup sudah toko kita karna semua sdh tau cara bikinnya... enak saja hehehe...

kalau masalah ilmu dishare dpt pahala.. tp sepengetahuan sy itu ilmu agama deh yg berkaitan dgn agama dan amalan baik...
lha kalau ilmu resep di share.. kasihan yg bikin dong udh belajar keluar biaya korbankan waktu pikiran... endingnya di share lha untuk apa? ladang cari rejekinya bagaimana..
Bu Esther... bila ada yg minta resep lg,,, jgn sungkan sungkan bilang rahasia ibu... klo yg tanya ngeyel.. ya di senyumin aja.. insyaalah suatu saat orang itu akan sadar ngerti sendiri...
wassalammualaikum wr wb..

 
At 9:04 AM, Blogger Bunda Estherlita said...

Walaykum salam...
salam kenal kembali
Makasih atas komennya , sangat berharga buat saya...

sayang anda gak ada namanya.. sehingga gak bisa silaturahmi kita...
'pls drop by ke FB saya... kita bisa ngobrol disana...

wass.

 

Post a Comment

<< Home