Tuesday, March 03, 2009

Catering ( bagian akhir 8 )

Cerita terakhir mengenai serba serbi ber catering kayaknya terakhir di tulisan ini.

Yang sekarang dibahas itu adalah serba serbi yang mesen.
Pada awal saya trima pesanan, macam2 gaya pemesan, ada yang segala dipesan ntar udah deket hari H , mbatalin dengan alasan 1001...

Ada yang pesenan diambil, bayarnya ntar yah gak bawa duit..
Lha kok bisa tuh lho ambil barang gak bawa duit...
Ada yang ambil pesanan trus gak bayar dan bayarnya setelah pulang cuti sebulan kemudian...
Ada juga yang pesen kalau gak ditagih gak bayar alasannya lupa, lha makan pesanannya gak lupa kok bayarnya lupa...

Ada lagi neh cerita seru, ada sekertaris nya ibu Yudhoyono manager Logistik saat itu, sering pesen ama aku pudding coklat, juga kue2 kecil katanya buat rapat bapak2nya.
Saya biasa ajah bikinin, dan biar cerewet si sekertaris ini yang namanya bagus banget sebetulnya tapi kelakuan minus : siP ini, tapi mayan deh bayarnya juga lancar. Harga juga gak rewel, lha wong budget kantor kan emang gede.

Suatu hari ada manager lain ibu Subroto, aku kirimin pudding karena blio ada buka puasa bersama dirumahnya, lalu blio terkesan ama puddingku tanya sana sini, aku bilang ajah kalau emang trima pesanan...
Blio nih bilang oooo gitu yah ?
Pernah bikin buat bu Yudho juga ?
+ iya bu sering emang logistik pesen ke saya...
Si Ibu neh manggut2 ajah...

beberapa hari kemudian ibu neh nelpon saya lagi dengan bilang :
Esther saya udah confirmasi ama bu Yudho..
*gw asli deg2an kirain apa*
Ternyata yang biasa bu Yudho kirim ke saya kalau pesen2 itu adalah buatan esther, soalnya bu Yudho bilang tadinya kalau makanan itu yang bikin si P.
Si P ngakunya kalau jam istirahat atau sore dia bikin, trus kayak pesanan kue kecil yang kemarin itu dia ngakunya babunya yang bikin...
grmbl...*^&^%$##

Tau gak kenapa aku sebel, ceritanya si P ini pesen kue kecil buat rapat, lalu aku bilang apa mau yang manis itu petit four ?
dia bilang mau, ya aku buatin bolu2 dengan hiasan kecil2...
*rupanya dia gak tau apa itu petit four tapi kagak mau tanya*
Tapi rupanya bapak2 rapat gak suka dan komplen maunya manis itu kayak sus atau dadar gulung, gak mau bolu2an...
*biasanya yang ngurus konsumsi ini ibunya yang nyuruh ke si P*
trus si P ini enak ajah bilang ama bu Yudho : itu babu saya salah ngerti padahal saya suruh bikin sus dibikinnya bolu hias...

Sejak saat itu kalau dia pesen langsung ajah saya tolak, dengan sempet saya sentil : kan babu kamu pinter bukan bikin kue kok pesen ama aku,,,, Saya tau dia neh sempet kelabakan kaget, siP jawabnya ngeles tapi langsung aku udahin ajah telponnya...
Lega juga uneg2 aku udah tersampaikan dan si P juga tau kalau aku tau kelakuannya. dan dia neh gak jujur. Bu Yudho juga ngerti itu berkat bu Subroto yang ngebuka semua.
Allah emang maha adil. *mudah2an si P baca juga tulisan aku ini, malu gak seh lu*

Kalau ngaku2 buatannya itu ada juga sahabat saya orang pupuk, dia emang seh pinter bikin siomay, sering kita bikin bareng...
Suatu saat dia gak ada waktu karena udah mau pindah, lalu pesen siomay ama aku, gak ngerti juga gimana tau2 besoknya dia datang dan nyecer :
+ ini kan bikinnya gitu kan, kayak dulu kita suka bikin kan ?
- engga mirip dengan yang dulu karena saya udah nemu formula baru yang lebih kenyal...
+ tapi bisa juga kan pake resep dulu ?
- wah gak tau juga yah, kayaknya beda....
*dalam hati aneh juga kenapa seh ?*

Allah maha adil , eh temen lainnya tiba2 cerita, aneh juga tuh si I, udah tau bukan bikinannya kok ngaku2 buatan dia, lha trus disuruh demo deh ama ibu2 pupuk baru deh kelabakan...
Astaga temen baikku bisa nya begitu...

Yang seru pernah juga aku berdua temen otak atik cara bikin baso, trus lama gak pernah lagi ketemu tapi saya tetep suka juga bikin baso, tapi udah dengan resep lain yang di mix judule...
eh ketika acara ditemen yang kebetulan beli baso saya , dia juga datang, dan ketika acara makan dia dengan lantangnya tanya ama aku :
+ ini baso yang kamu jual resepnya aku yah....
* astaga naga.... segitunya..*
- bukan say, aku otak atik lagi dapet cara lain..
+ *ngeyel* tapi rasanya kayak resep aku deh...
- ya namanya baso ya mestinya mirip2 ajah tho yah...
*bete juga seh segitunya*

Nah yang sampai sekarang saya masih gak ngerti, kok di AD neh temen kalau bikin baso kok dikasih susu seh ?
Kalau ditanya kenapa dikasih susu ? katanya biar enak...
Kok diotak aku tuh belum bisa nerima dengan ikhlas ada adonan baso dikasih susu... emangnya bikin meatballsnya bule tho yah kok pake susu....

Yang paling seru adalah cerita terakhir ...
Ketika itu ada ibu manager lain yang akan arisan departemen yang cukup gede juga departemennya, makanya blio pesen mie ayam 200 porsi buat arisan besok sore.
Saya langsung jawab : bu gak mungkin pesenan mendadak gini, saya gak sanggup bu...
Ibu ini baik gak marah hanya dia bilang pesen ama siapa yah ?
aku jawab nama seseorang temen aku... dan blio kayaknya pesen kesitu.

Beres urusan pikir diriku... ternyata besok siang kami denger kabar duka, apa coba...
Suami si ibu tadi meninggal dilapangan golf, ketika main golf heart attack....
Yang kebayang temen aku... 200 porsi mie ayam mau dikemanakan...
kasihan juga tuh temen dan aku rasanya ikut dosa....
duh.....


Makasih ya temans yang udah ngikutin cerita bersambung ini, maksud diriku nulis ini bukan buat membenarkan diri sendiri atau menjatuhkan salah satu pihak, tapi inilah kenangan yang saya alami selama bercatering.
Ditulis biar gak lupa.
Karena mungkin bisnis ini akan saya tekuni kembali di AD...
Mudah2an lebih barokah dan lebih lancar urusannya...
Amien.

Salam sayang dari Abu Dhabi.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home