Thursday, May 24, 2007

Bontang dan Asisten2 ku.

Masih belum habis mengenang Bontang, kali ini tentang asisten2 ku yang begitu setianya mengabdi pada kami. Rasanya jaman sekarang susah banget deh dapat pembantu rumah tangga yang memang begitu setianya pada majikannya.
Kebetulan saja dari tetangga sebelah saya dapat pembantu yang tadinya cuman bantuin cuci dan setrika saja ( istilah di Bontang cuci gosok), akhirnya merambah jadi bantuin cuci piring, bersihkan kamar mandi , vacuuming dan akhirnya bantuin aku masak. Ya sudah, dari yang tadinya cuman 2 jam dirumah akhir setengah harian dirumahku.

Karena saya juga ditahun 91 mulai dengan bisnis catering, ini si "bibik" Diasa, (biasa kami panggil begitu dan dia sangat bangga dengan julukan itu sampai satu kampung dimana dia tinggal rata2 tau siapa itu bibik..... ) jadi bantu2 saya nyiangin sayur, cuci2 ayam yang sudah dipotong dipasar dan juga bersihin ikan.
Nah kalau yang namanya bersihkan seafood ini, namanya pembantu2 ku gak ada duanya, udah mah cepet bersihkan ikan juga gak ada sisa amisnya, samsek dan bersih sekali. Sampai saya yang gak suka ikan pun bisa makan ikan tsb karena bersih dan gak amis lagi.
Waktu bergulir, saya pun tahun '93 pindah rumah ke yang lebih besar, dan bisnis saya agak membesar perlu 2 pembantu, nah si bibik nih bawa ponakannya yang sudah berkeluarga untuk bantu2 saya, si Naha ini yang akhirnya jadi tangan kananku.
Karena juga sering dapet borongan masakan besar saya tuh sering juga harus punya asisten yang freelance, jadi si bibik nih mengerahkan seluruh keluarga besarnya untuk kerja ditempat saya.
Perlu diketahui bahwa si bibik nih tinggal didaerah yang biasa kami sebut kampung, pas sebelah airport PT Badak, disebelah pagar airport ini ternyata kebanyakan penduduknya ya keluarga besar mereka semua. Dari ponakan, sepupu, sepupu dua kali ( itu istilah mereka), juga saudara ( nah saudara ini artinya hanya dipakai untuk kakak beradik bukan saudara seperti istilah umumnya).

Jadi keluarga besar mereka tuh secara bergantian sering membantu kami, juga misalnya si bibik ini sakit, dia biasanya ngirim si Tisah, atau Irah, atau Niko ( ini wanita lho) untuk gantiin dia yang sakit. Dan sepupu2 bibik nih ternyata banyak sekali yang pernah kena giliran bantuin saya, terlihat kalau saya main ketempat bibik, wah mereka pada keluar nyamperin daku gerombol2, "ada bu esther datang", udah deh tadinya cuman mau nengok bibik yang sakit jadi kayak arisan dirumah bibik.
Keluarga mereka tuh kompak sekali kelihatannya.
Cuman satu hal yang saya sedihkan, kalau mereka tuh ada acara, dan sering banget deh orang Bugis tuh acara selamatan, aneka ragam selamatan, belum kawinannya, maklum kan keluarga besar sekali, jadi ada aja banyak acaranya, semua pembantuku habis, dari yang fix ampe yang freelance..... habis mereka semua berkeluarga, ya mereka semua acaranya sama......
Pada akhirnya saya ambil satu asisten yang bukan dari kelompok mereka, mencegah ya ini, kalau ada selamatan bisa semua minta "ijing....."

Ternyata masalah belum selesai, pernah suatu saat, asisten saya yang baru ini yang orang jawa, ternyata kok ya nikah ama salah satu dari sepupu mereka.....lha piye tho....jadi semua asisten2ku habis lagi....what a small world.
Sampai ditahun ke 11 pengabdian si bibik ini dia sakit, lama sekali sampai saya harus mencari penggantinya, dan akhirnya si bibik ini resmi pensiun karena memang udah agak tua dan dia punya cucu yang dia harus asuh karena ibu si cucu ini kerja juga.
Untung yang tadinya asisten satu lagi hanya untuk bantuin bibik, ternyata saya lihat Naha nih sangat berbakat, maka diajarinlah Naha nih macam2 masakan.....dan hasilnya bisa jadi pengganti saya masak kalau saya pergi keluar Bontang.....( walaupun bumbu dasar tetap saya yang bikin, dari situlah ide nya tercipta untuk selalu bikin bumbu dasar, biar rasa tetap sama walau yang punya lagi jalan2....).
Susahnya kalau punya bisnis rantangan itu gak bisa kemana2, terikat banget.... Sungguh saya beruntung Naha nih selain bakat masak juga tanggung jawabnya besar, dan jujur.
Satu hal memang yang saya kagumi dari mereka bersaudara, semua jujur, gak ada yang nyolongan.......
Teringat saya kalau menjelang Lebaran pesanan kue kering atau masakan ataupun kue besar melimpah ruah, hingga tuh yang namanya orang bayaran kue atau makanan lainnya, yang saya "campak" aja dalam kotak numpuk banget, gak ada satu senpun yang hilang......Yang namanya uang kembalian dari pasar juga Naha hitung sampai ke nilai yang sekecil2nya....semua kembali tanpa kurang sedikitpun... masyaAllah.
Setelah si bibik ini pensiun, selain masih Naha yang masih kerja pada kami, lama juga saya punya pembantu ke2 yang fix, masih freelance terus karena kurang cocok melulu, ada aja yang gak sreg, akhirnya dapat juga limpahan dari expat yang pulang, yang sama sekali gak ada kaitan dengan si Naha and her gang, jadinya kalau ada slametan aman.....ada si mbak Sulia ini. Yang aku kangen juice buah buatan dia, enak bo', pas racikannya.

Belum lagi urusan melahirkan, kayaknya 2 dari pembantu2ku tuh pas kerja ditempatku sedang hamil besar dan anehnya mereka tuh kok kerja sampe titik darah penghabisan, kalau Tisah terakhir kerja hari ini, lusa dia melahirkan, kalau Naha, 2 kali dia melahirkan tuh mepet aja, yang sekali, 2 hari sebelumnya dia masih masuk taunya lusanya lahir, malah yang terakhir, hari ini dia masih kerja, malah malamnya dia siap2 mau besoknya kerja, taunya subuh melahirkan.....
Malah yang keguguran itu dirumah udah terasa, dia bilang: "bu kok saya rasanya mules kayak mau melahirkan...."
Langsung saya antar dia pulang, karena dia mau ketemu suaminya dulu.... baru kebidan, dan ternyata eh langsung keluar bayinya begitu tiba di bidan......seremmmmm. Sempet anaknya bernafas sejenak tapi kemudian meninggal karena lahir 6 bulan.
Yang unik karena Naha ini sangat dekat dengan saya, sampai istilah yang biasa keluar dari mulut saya ikut tertular.
Kadang dia bilang : " aduh rek bawangnya lupa".....
Rek itu kan bukan bahasa bugis....

Dan waktu dia hamil anaknya si Rusli, kan mual2 gak mau makan, tapi ngidamnya apa coba? gudeg.....minta dibuatkan gudeg ama saya...opo tumon tho wong Bugis makan gudeg. Walahuallam ya tapi begitu anaknya lahir, si Rusli ini yang paling coklat dibanding saudara2nya.....
Dan Naha itu sekarang demennya ulukutek....makanan Sunda favoriteku....
Naha.... udah ber transformasi dari selera Bugisnya..... ke universal.
Hal lain yang unik juga, soal harta; rasanya mereka lebih "kaya" dari kami, si bibik tuh karena mereka pendatang lama di Bontang, bisa punya kebun beberapa hektar, juga si Naha ini. Malah belakangan suami2 mereka , jual sebagian tanah di Bontang dan uangnya dipakai untuk bikin tambak di Tarakan.
Jadi kalau Naha nih panen udang....wah kami selalu kebagian udangnya 1 igloo besar, bayangkan udang segede2 wortel, yang makan satu aja langsung kelenger.....
Belum kalau hasil kebun, ada pete, pisang, kemiri, sere; sampai2 kalau daun pisang, sere, nanas gak pernah beli.

Pernah suatu kali saya bilang Naha, kalau saya minta pisang yang untuk keripik, maksudnya ya 1 sisir aja pengen bikin keripik pisang, ya dikasih sih,
cuman........ 3 tandan rek.......... mampus.....
Akhirnya jadi keripik pisang 2 blek besar dan saya kirim mamie segala di Jakarta abisnya siapa yang mau ngabisin sebanyak itu? Dan bikin keripik nya 3 hari.....

Makanya abis itu kalau minta apa2 bilang jumlahnya, betul ya 3 lembar aja daun pisang , betulnya petenya 5 papan aja ya....
kalau engga pernah kami dibawakan pete 1 keranjang besar, mentang2 saya catering.....

Pokoknya panen apapun, dirumah gak pernah lolos, dan keluarga mereka juga gitu, selalu ada saja kiriman mereka pada kami.....
Pernah juga kami dikirim ayam kampung 10 ekor....gara2 mereka akan pindah rumah males ngurus ayamnya, eh semua dibawa ke pasar buat di potong, lalu kirim kerumah, "ini buat ibu....."
Akhir nya waktu saya akan pindah ke AD, setelah lama kami simpan rahasia ini kepada mereka, saya begitu gak tega untuk mengatakan pada mereka, yang bikin berat saya pindah malah pembantu2 saya itu, terutama Naha.
Naha tuh rasanya udah seperti keluarga sendiri deh.....kalau saya pergi lama dia yang handle rantangan saya, jualin siomay, lasagna dan tiramisu saya yang selalu ready stock di freezer, dia yang organisir ama pembantu lainnya untuk kerja sama untuk bersihkan rumah abis2an....yang mana kalau ada saya kan suka gak kepegang, sampai kalau saya datang bersihhhhh sekali tuh rumah.
Waktu saya bilang bahwa saya akan pindah ke AD, bisa ditebak, bahwa langsung jadi arena hujan lokal, dan esoknya kampung dimana mereka tinggal, gempar surempar tau kalau kami akan pindah.
Yang saya juga masih kepikiran 1 minggu setelah saya kabarkan kalau saya mau pindah; kok kebetulan bayi 6 bulan yang sedang dikandung Naha lahir prematur dan meninggal....
Entahlah, kebetulan yang gak enak dan sedih betul ingetnya.

Rasa kehilangan yang amat besar waktu saya pindah ke AD, dan diAD semua kan harus saya kerjakan sendiri, sebelum saya dapat asisten part time.
Baru terasa, nyetrika itu susah, nyiangin sayur yang selama ini kerjaan asisten2 saya ini harus saya, apalagi kalau habis masak nyuciin alatnya, waduh selalu dalam hati ......Nahaaaaaa......
Sudah terbiasa dalam 10 tahun terakhir punya 2 pembantu....belum yang tenaga lepasnya ada 5.......saya taunya catering itu ya, cuman masak aja atau bikin kue saja, yang nyuci, nyiangin sayur, motong bahan makanan bukan saya lagi, sekarang semua saya....aduh.....
Belum lagi beresin rumah, saya ini agak pembersih semua maunya bersih tapi sekaligus gak hobi bebenah....
diBontang saya kadang "hire" satu pembantu extra buat 1 bulan sekali pembersihan semua sudut, meskipun setiap hari ada mbak Sulia bebersih rumah.
Disini, aduh mak suka gak suka, harus sendiri semua....untung barang2 saya cuman sebagian yang dibawa, sebagian lainnya digudang mertua.....
Makanya saya sekarang udah pensiun aja, biarpun akhirnya saya nemu juga pembantu yang baik saat ini, tapi udahlah, biarlah catering itu saya simpan saja sebagai kenangan indah saya selama diBontang.
Juga jangan heran kenapa kalau saya ke Jakarta, Naha selalu saya import ke Jakarta, selain kangen, juga saya bisa "betul2" istirahat di Jakarta dari urusan rumah, dari bebenah, masak sampai urusan masukkin baju ke koper, semua Naha yang handle.

Naha waktu aku di Jakarta - Desember kemarin......



0 Comments:

Post a Comment

<< Home